Sunday, July 15, 2018

Algoritma-Algoritma yang Terdapat Pada Pemrograman

Dalam dunia pemrograman terdapat banyak sekali algoritma-algoritma yang bisa kita gunakan untuk menyelesaikan masalah masalah yang ada. sebagai contoh kita kita ingin menentukan sbuah jalur tercepat ke tujuan kita dalam sebuah maps, kita ingin menentukan titik-titik koordinat juga kita memerlukan sebuah algoritma.

Algoritma-algoritman itu sendiri terdapat banyak jenisnya tergantung apa masalah yang kita temui. Maka dari itu pada tulisan saya kali ini saya akan menjelaskan algoritma apa saja yang terdapat dalam bahasa pemrograman secara umum.

  • Graph algorithms
Graph algorithms atau dalam bahasa indonesia disebut algoritma graf adalah algoritma yang bertujuan untuk mempelajari sifat sifat graf atau grafik yang berbetuk simpul (vertex atau node) yang terhubung oleh garis. contoh :


  • Dynamic programming
Dalam Pemrograman Dinamis, masalah dibagi menjadi sub-masalah, dan solusi dari sub-masalah ini harus digabungkan bersama untuk mencapai solusi keseluruhan untuk masalah utama. Ketika menggunakan pendekatan seperti Divide-and-Conquer, sub-masalah dapat diselesaikan beberapa kali. Jadi metode Divide-and-Conquer harus melakukan lebih banyak pekerjaan dalam kasus-kasus ini. Pemrograman Dinamis akan menyelesaikan setiap sub-masalah ini hanya sekali, sehingga mengurangi jumlah perhitungan, dan kemudian menyimpannya, sehingga menghindari pekerjaan menghitung ulang lagi pada tahap berikutnya, ketika solusi untuk masalah-sub diperlukan

Pemrograman Dinamis digunakan untuk menyelesaikan masalah optimasi (seperti jalur terpendek), di mana banyak solusi mungkin ada, tetapi kami tertarik hanya menemukan solusi optimal untuk hal yang sama (banyak solusi mungkin ada yang mencapai nilai optimal). Masalah-masalah ini harus memiliki sifat tumpang tindih sub-masalah [masalah dapat dipecah menjadi sub-masalah yang digunakan kembali beberapa kali atau algoritma rekursif memecahkan masalah yang sama berulang-ulang, daripada menghasilkan sub-masalah baru; Misalnya: angka Fibonacci] dan substruktur optimal [solusi optimal dapat dibangun dari solusi optimal dari sub-masalah]. Dalam banyak kasus, algoritma serakah dapat bekerja lebih cepat daripada algoritma pemrograman dinamis, tetapi mereka tidak dijamin memberikan solusi optimal.

Berikutnya akan kami sampaikan pada tulisan part 2 pada link dibawah ini . Thanks :D

Algoritma-Algoritma yang Terdapat Pada Pemrograman Part 2

0 comments